Kamis, 03 Mei 2012

HUKUM ADAT LARVUL NGABAL


Cerita Larvul Ngabal merupakan Produk Budaya Yang menyampaikan sejumlah PESAN sector berkaitan Mencari Google Artikel Baru Filosofi, SISTEM kepercayaan, norma-norma Dan hukum tersebut Komunitas Kei . Secara substantif, cerita Larvul Ngabal adalah suatu genre yang sastra lisan, yakni cerita rakyat Yang dianggap sakral Dibuat orangutan Kei Dan diyakini benar-benar terjadi PADA Terbalik lampau memiliki bentuk, makna-fungsi Dan pemertahanan Yang dituturkan secara Unik Dan spesifik. 
Penelitian dilakukan Suami Mencari Google Artikel Menyelidiki mendeskripsikan tentang cerita Larvul Ngabal, khususnya mengenai: (1) bentuk-bentuk cerita Larvul Ngabal berdasarkan isinya, (2) makna cerita Larvul Ngabal Yang mengaitkan hubungan manusia Mencari Google Artikel sesuatu di Luar dirinya Yang sewa yang pajaknya vertikal maupun horisontal, Serta sirkular -Harmonis; Dan fungsi cerita Larvul Ngabal Yang dianggap Mampu mempengaruhi Dan mengarahkan therapy terapi orangutan Kei , (3) Strategi pemertahanan cerita Larvul Ngabal berdasarkan Aspek normatif Dan relatifnya. SIBOR substansi Suami dianggap cukup akuntabel merepresentasikan sector Kei .
Penelitian merupakan penelitian kualitatif Suami Mencari Google Artikel ancangan Hermeneutika. Datanya berwujud kutipan CARI cerita , tindakan orangutan Kei , pernyataan informan, Dan Fakta Historis. Data tersebut diperoleh bahasa Dari 3 macam Sumber, yakni: Sumber lisan berupa 14 dokumen cerita Larvul Ngabal bahasa Dari 14 orangutan informan, Masyarakat pemilikcerita di Kei Besar Dan Kei Kecil Serta dokumen tertulis Lainnya. Lingkungan kegiatan pengumpulan data yang dilakukan Google Artikel Baru Teknik observasi, wawancara Mendalam, Dan kajian dokumen. Dalam penelitian Suami Peneliti bertindak sebagai instrumen mohammad Mencari Google Artikel dipandu Dibuat Pedoman pengumpulan data. Analisis data yang dilakukan Google Artikel Baru Model lingkaran hermeneutis Schleiermarcher Dan Model interpertasi Ricoeur Dan Dilthey. Mencari Google Artikel Model Suami analisis data yang berlangsung secara interaktif-dialektif. PADA saat pengumpulan data yang berlangsung, Peneliti sekaligus melakukan reduksi data, penyajian data, interpretasi data, penarikan simpulan Dan. SIBOR substansi penelitian dipahami secara verstehen Canada produksi tingkat semantik, reflektif, Dan eksistensif. Trianggulasi dilakukan Peneliti untuk menghindari prasangka PADA terkait masih berlangsung tahap penelitian, perangkat penelitian, Dan klarifikasi temuan penelitian kepada Pakar sector Kei .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ke 14 CARI cerita Larvul Ngabal memiliki karakteristik sebagai bentuk cerita manusia endogeonik, cerita kosmogonik, Dan cerita transformasi. SIBOR bentuk cerita ITU dirangkum Dibuat tema Asal-usul orangutan Kei , Sakmas perjalanan Dit, pembentukan hukum tersebut, Dan pengangkatan raja-raja.
   Makna cerita Larvul Ngabal mencerminkan pandangan Hidup orangutan Kei Yang mengandung konsepsi Mendalam Dan gagasan mengenai wujud kehidupan mengenai hubungan manusia Dan alam Baik secara vertikal manusia ANTARA Mencari Google Artikel Tuhan, hubungan horisontal manusia ANTARA Mencari Google Artikel Baru Dan hubungan sirkular manusia-manusia Harmonis ANTARA Mencari Google Artikel alam sebagai suatu totalitas bahasa Dari sikap Hidup orangutan Kei Yang tercermin dalam makna filosofis, makna religis, makna kosmologis, Dan makna mistis.
Fungsi cerita Larvul Ngabal mengarah PADA: fungsi sosiologis, fungsi pedagogis, fungsi yuridis. Fungsi sosiologis diimplementasikan sebagai Sarana pengungkap Asal-usul, sebagai pengungkap struktur sisial Masyarakat Kei , Dan sebagai Sarana untuk memperkenalkan SISTEM pemerintahan Baru. Fungsi pedagogis mengukuhkan cerita Larvul Ngabal sebagai Model Pendidikan etis moral, ajaran tentang pembaharuan, mengajarkan bahasa simbolik. Sedangkan fungsi yuridis, cerita Ngabal merupakan hukum tersebut Yang membuat primer ketentuan tentang masalah pidana maupun perdata.  
Strategi pemertahanan Larvul Ngabal mengacu PADA: (1) Cara-Cara pemertahanan Yang dilakukan Canada produksi Tiga jalur: (a) jalur Keluarga, (b) jalur Masyarakat dan (c) jalur pemerintah Lokal. (2) peran pemertahanan Yang terakumulasi dalam kehidupan orangutan Kei yaitu: (a) pemertahanan jati Diri orangutan Kei Yang dilakukan Canada produksi bahasa Yang Sama Dan hukum tersebut adat Yang Sama, Struktur pemerintahan Yang akomodatif, Ikatan persaudaraan, Politik Masyarakat Kei . (b) menghadapi tantangan Jaman perubahan akibat: pengaruh Agama, Pendidikan, pengaruh Ekonomi, perubahan Kepemilikan Modal di sisial-sector Dan pengaruh Politik. 
            Temuan penelitian mengatakan bahwa cerita Larvul Ngabal sebagai representasi sector Kei KARENA merupakan Intisari pengalaman orangutan Kei Yang transendental, reflektif, Dan relevan Mencari Google Artikel Kebudayaan manusia PADA umumnya. Cerita Larvul Ngabal Mampu merangkum, memproyeksikan, Dan mengukuhkan pandangan Hidup Dan norma-norma tradisi orangutan Kei . Konsep dasarnya memiliki pengaruh Yang cukup dominan dalam kerangka berpikir orangutan Kei dewasa inisial. Temuan-temuan Suami mempunyai implikasi Yang cukup berharga, Baik bahasa Dari Aspek teoritis maupun Praktis. Secara teoritis temuan kajian cerita Larvul Ngabal, berimplikasi terhadap disiplin Ilmu sastra Dan interdisipliner sastra, Serta antropologi. Secara Praktis temuan Suami bermanfaat * Bagi Masyarakat Kei untuk menjadi pegangan dalam pemertahanan sector Kei , terutama cerita Larvul Ngabal.
Canada produksi Suami penelitian disarankan kepada Masyarakat Kei untuk memiliki Dan menggunakan cerita -cerita tersebut untuk memperkaya Wawasan Masyarakat, Dan untuk para ilmuan, Dosen sastra, Peneliti, guru muatan Lokal di Kei , Serta Lembaga English Baik di Daerah maupun di Pusat untuk lebih mendalami Dan menggalinya menuju kesempurnaan. Kepada pemerintah Daerah sebagai pengambil keputusan, disarankan untuk menjadikan cerita Dan ritus Larvul Ngabal sebagai Menyelidiki wisata yang sector untuk memajukan Daerah Kei Ke depan
Larvul Ngabal adalah budaya produk mewakili jumlah pesan budaya berkaitan dengan filosofi, sistem kepercayaan, dan norma-norma hukum Kei masyarakat. Secara substansial, Ngabal Ngabal adalah genre sastra tradisi lisan cerita rakyat, dianggap suci dan diyakini oleh Kei masyarakat dan benar-benar meyakinkan terjadi di masa lalu. Itu juga fundamental dan makna fungsional yang dibutuhkan untuk menjadi warisan nenek moyang ke generasi berikutnya, dengan cara yang unik dan spesifik.
Penelitian ini dilakukan karena tujuan untuk menggambarkan kisah Ngabal Ngabal, terutama difokuskan pada tiga aspek sebagai berikut: 1) bentuk Cerita Larvul Ngabal berdasarkan isinya, 2) Makna cerita Larvul Ngabal yang menghubungkan hubungan manusia dengan hal-hal di luar diri mereka secara vertikal dan horizontal, dan juga lingkaran harmoni dan fungsi cerita Larvul Ngabal yang diyakini bisa mempengaruhi dan mengarahkan sikap orang-orang Kei , (3) Strategi pertahanan Larvul Ngabal berdasarkan normatif dan aspek relatif. Ketiga zat yang diyakini bertanggung jawab cukup untuk mewakili budaya Kei .
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan hermeneutika. Gaya data yang diperoleh dari penjelasan cerita, teks cerita, aksi Kei orang, pernyataan informan, dan fakta-fakta cerita. Data tersebut diperoleh dari tiga macam sumber, yaitu: sumber lisan seperti empat belas kisah Ngabal Ngabal, empat belas informan, pemilik cerita dari Kei Besar dan Kei Kecil dan dokumen tertulis lainnya. Kegiatan koleksi data dilakukan melalui observasi teknis, wawancara serius, dan studi dokumen. Dalam penelitian ini peneliti menjadi instrumen kunci dipandu oleh pengumpulan data. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model lingkaran hermeneutik Schleiermarcher dan modus interpretasi Ricoeur dan Dilthey. Dengan menggunakan model ini, analisis data berjalan dalam interaktif-dialek proses. Saat itu pengumpulan data yang terjadi peneliti juga melakukan reduksi data, data yang ditampilkan, interpretasi data, dan kesimpulan. Ketiga zat penelitian yang dipahami sesuai dengan tingkat semantik, reflektif, dan ada dari emukan para ahli budaya dari Kei .
Hasil penelitian menunjukkan bahwa empat belas teks-teks cerita Larvul Ngabal memiliki karakteristik sebagai kisah endogeonic manusia, kosmogonik, dan cerita transformasional. Ketiga jenis cerita dimasukkan oleh tema keturunan dari Kei orang, perjalanan Sakmas Dit, pembentukan hukum, dan pemilihan Raja.
Makna cerita Larvul Ngabal menyatakan pandangan hidup Kei orang mengandung konsep mendalam dan gagasan tentang tindakan hidup yang berkaitan dengan manusia dan alam secara vertikal dan horizontal antara manusia dengan Tuhan, hubungan horizontal antara manusia dan manusia, dan harmoni melingkar hubungan antara manusia dan alam sebagai totalitas kehidupan sikap ditemukan dalam makna filosofi, makna religius, makna kosmologis, dan makna mistis.
Fungsi cerita Larvul Ngabal diarahkan ke fungsi sosiologis, fungsi pedagogis, dan fungsi yuridis. Fungsi sosiologis diimplementasikan sebagai alat bantu "verstehen" untuk menghindari beragam untuk tingkat penelitian, set penelitian, dan klarifikasi penelitian menekspresi faktor keturunan, ekspresi struktur sosial dari Kei masyarakat, dan bantuan untuk memperkenalkan sistem baru pemerintahan. Fungsi pedagogis dikonfirmasi cerita Larvul Ngabal sebagai pendidikan etika Model moral, instruksi perkembangan kehidupan, dan menginstruksikan bahasa simbolis. Sedangkan fungsi yuridis dari cerita Larvul Ngabal menjadi hukum, mengatur pernyataan masalah pidana atau kasus perdata.
Strategi pertahanan Ngabal Larvul diarahkan untuk beberapa hal, seperti: 1) cara pertahanan yang dilakukan melalui tiga cara sebagai berikut: (a) keluarga, (b) masyarakat, dan (c) cara pemerintah daerah. 2) Peran pertahanan yang terakumulasi dalam Kei kehidupan masyarakat melalui: (a) keberadaan Kei orang yang dilakukan melalui bahasa dan tindakan yang sama, struktur tradisional akomodatif pemerintahan, hubungan persaudaraan, bentuk-bentuk politik dari Kei masyarakat. (B) Menghadapi tantangan perubahan globalisasi mengakibatkan oleh: agama, pendidikan, ekonomi, sosial-budaya dan pengaruh politik.
Hasil penelitian ini menyatakan bahwa cerita Larvul Ngabal sebagai representasi budaya Kei orang karena menjadi esensi transendental, reflektif, dan pengalaman yang relevan dari orang yang berhubungan dengan kebudayaan manusia pada umumnya. Kisah Ngabal Larvul mampu bersatu, proyek, dan membenarkan pandangan kehidupan serta norma-norma tradisi Kei masyarakat.Konsep dasar memiliki pengaruh dominan dalam jangka pendek Kei orang saat ini. Temuan ini memiliki implikasi yang berharga cukup baik dalam aspek teoritis atau aspek praktis. Secara teoritis, studi Ngabal Larvul terlibat untuk disiplin sastra, interdicipliner sastra, dan antropologi. Secara praktis, temuan ini memanfaatkan Kei masyarakat untuk menangkap memegang budaya Kei untuk menjaga itu terjadi terutama cerita Larvul Ngabal.
Masyarakat Kei disarankan untuk memiliki dan menggunakan cerita untuk memperkaya pandangan masyarakat. Hal ini juga menyarankan para ilmuwan, dosen sastra, peneliti, guru kurikulum dimuat lokal di Kei wilayah, Institut Bahasa di daerah Pusat atau Pemerintah Daerah untuk mendapatkan sumber daya memperdalam dan menggali ke dalam kesempurnaan penelitian ini.Pemerintah, yang tak kalah Daerah sebagai pengambil keputusan disarankan untuk menjalankan cerita dan ritual dari Ngabal Larvul lancar sebagai tujuan wisata budaya yang baik dalam mengembangkan daerah Kei ke masa depan terbaik.

1 komentar:

  1. tabe hormat,, salam ain ni ain.....

    sodara, terimakasih sdh posting sejarah lar vul ngabal..ini sangat membantu katong2 untuk tahu kantong punk adat.terutama beta yg lahir dan besar di negeri orang, .beta ijin copy postingan ini,, ,

    ini beta punk link,,

    syaifudinsongyanan.blogspot.com

    BalasHapus